Keuntungan yang Bisa Didapatkan dari Budidaya Lele

Budidaya Lele

Saat ini semakin banyak orang yang memutuskan untuk menjalankan Budidaya lele karena kegiatan yang satu ini terbukti dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi pelakunya. Lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sudah cukup populer dan sangat mudah ditemukan di pasar. Ikan lele juga sudah menjadi salah satu jenis ikan yang dikonsumsi luas oleh masyarakat. Anda bisa menemukan warung atau restoran yang menyediakan menu ikan lele dengan mudah saat ini. Tingginya minat terhadap ikan lele menjadikan semakin banyak orang yang ingin mencoba untuk membudidayakan ikan air tawar yang satu ini. Kegiatan pembudidayaan ikan lele memang dapat memberikan beberapa manfaat bagi peternak. Salah satu manfaat yang bisa didapat lewat kegiatan budidaya ikan lele adalah manfaat dalam aspek pemanfaatan lahan.   
Pemanfaatan lahan kritis merupakan salah satu kegiatan yang dapat memberikan berbagai keuntungan bagi peternak. Lahan kritis yang tidak dapat digunakan untuk pertanian atau perkebunan bisa digunakan untuk keperluan Budidaya lele sehingga peternak tetap dapat memperoleh manfaat dari lahan kritis tersebut. Lele merupakan jenis ikan air tawar yang memiliki sifat dapat bertahan hidup di perairan minim dengan kualitas air yang buruk serta persediaan oksigen yang terbatas. Selain manfaat dalam aspek pemanfaatan lahan kritis, kegiatan Budidaya lele juga dapat memberikan keuntungan dalam aspek teknologi. Budidaya ikan lele merupakan kegiatan yang sangat mudah dilakukan dan tidak memerlukan teknologi tertentu. Berbeda dengan kegiatan ternak lain seperti ternak ayam atau ternak sapi yang hasilnya akan dipengaruhi oleh tingkat teknologi yang digunakan, kegiatan budidaya ikan lele hanya bergantung pada ketekunan anda dalam melakukan kegiatan budidaya. Kegiatan budidaya yang minim teknologi ini juga yang membuat budidaya ikan lele relatif lebih terjangkau dibandingkan kegiatan budidaya ternak lainnya.   
Aspek ekonomi merupakan aspek berikutnya yang bisa mendapat manfaat dari kegiatan budidaya ikan lele. Seperti yang sudah disebutkan di atas, kegiatan budidaya ikan lele merupakan kegiatan budidaya yang relatif mudah dilakukan dan dapat dilakukan siapa saja. Selain itu, kegiatan budidaya ikan lele juga relatif terjangkau dan tidak membutuhkan modal yang terlalu besar sehingga dapat dijalankan dalam skala rumah tangga sekalipun. Hasil dari kegiatan budidaya ikan lele dapat langsung dikonsumsi oleh keluarga sehingga dapat menghemat pengeluaran untuk belanja. Bila hasilnya lebih banyak, sisanya bisa dijual sehingga keluarga bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Terakhir, kegiatan budidaya ikan lele juga bisa memberikan manfaat dalam aspek sosial. Lele merupakan bahan pangan yang bisa diterima oleh semua golongan masyarakat secara luas. Hal inilah yang menjadikan kegiatan budidaya ikan lele memiliki prospek yang bagus karena siapapun bisa mengkonsumsi jenis ikan yang satu ini. Dengan banyaknya manfaat yang bisa didapatkan lewat Budidaya lele, tak heran bila kegiatan budidaya yang satu ini menjadi kian populer saat ini. 
Baca juga artikel selanjutnya :

  >>>  AGAR LELE CEPAT BESAR SEHINGGA CEPAT PANEN