Cara Menebar Benih Lele Agar Tidak Stress dan Mati

cara menebar benih

Cara menebar benih lele merupakan bagian dari budidaya ikan lele yang penting untuk diperhatikan. Sama seperti manusia ketika menempati tempat baru, lele pun harus beradaptasi ketika dipindahkan ke kolam barunya tersebut. Jika hal ini tidak diperhatikan, dikhawatirkan dapat meningkatkan angka kematian lele tersebut karena stress dan memudahkannya terserang penyakit. Menebarkan lele memang tidak bisa sembarangan, tidak mudah namun tentu bukan hal yang sulit juga apabila Anda mau memperlajarinya.
Untuk mengurangi angka kematian dalam menebarkan benih, maka sebelumnya ada beberapa hal yang harus Anda siapkan. Mulai dari ketinggian air, kualitas air, proses adaptasi, hingga waktu penebarannya. Pertama, untuk ketinggian air atau kedalam kolamnya yaitu antara 30 sampai 40 cm. Apabila kolam dalam budidaya ikan lele ini terlalu rendah maka akan terjadi overcrowded atau berlebihnya populasi ikan untuk setiap m2nya. Hal ini dikarenakan lele yang tidak menyukai terkena sinar matahari secara langsung. Air sebagai peneduhnya harus sesuai, tidak boleh terlalu rendah. Mempersiapkan kolam juga harus diikuti dengan penggunaan air berkualitas. Baik menggunakan terpal atau pun betonan dari semen untuk kolamnya, Anda disarankan menambahkan sedikit tanah sawah atau kotoran kambing kering. Diamkan sebentar hingga air kolam tidak jernih. cara menebar benih lele tersebut agar lele bisa beradaptasi dengan makanan selanjutnya yang akan berikan dalam proses budidayanya. Untuk proses budidaya selanjutnya setelah melewati cara menebar benih lele ini, agar kualitas air kolam selalu terjaga dengan tumbuhnya pakan alami atau plankton yang subur pada air tersebut, Anda bisa menggunakan Ton atau Tambak Organik Nusantara. Produk dari Nasa yang mampu menjaga kualitas air dengan kandungan nutrisinya yang lengkap untuk tanah dan air dalam mengoptimalkan pertumbuhan plankton tersebut. Tidak hanya itu, ekosistem air pun akanlebih seimbang dan senyawa racunnya akan dinetralkan. Untuk memesannya, Anda dapat menghubungi nomor 087-888-846-582 dan PIN BBM 584BE454.

Masuk ke acara utama dalam menebarkan benih lele tersebut, sebaiknya Anda mengapungkan terlebih dahulu wadah benih ikan lele yang menjadi wadah saat pembeliannya. Biasanya wadah berupa plastik dimana selama perjalanan mengalami guncangan dan membuat ikan stress. Cara ini juga dimaksudkan adar ikan memiliki ketahanan tubuh yang kuat karena pH air kolam budidaya Anda belum tentu sama dengan kolam asalnya. Proses ini sebagai bagian dari adaptasi awal ikan terhadap kolam budidaya yang telah disiapkan. Kemudian, data membuka penutup wadahnya, lakukan dengan perlahan. Sehingga, sedikit demi sedikit air kolam bisa masuk ke dalam wadah lele dan lele pun bisa keluar dengan sendirinya. Terakhir, cara menebar benih lele tersebut, tidak disarankan bagi Anda melakukannya di tengah hari yang terik.

Baca Artikel selanjutnya dibawah ini klik judulnya :

- Membudidayakan Lele Organik,Lebih Hemat dan Ramah Lingkungan 

- Tingkatkan Hasil Panen Dengan Cara Memilih Bibit Lele Yang Unggul Dan Berkualitas