Tingkatkan Hasil Panen dengan Cara Memilih Bibit Lele yang Unggul dan Berkualitas



Cara memeilih bibit lele

Cara memilih bibit lele sangat penting diperhatikan karena bibit tersebut akan berpengaruh pada hasil lele yang akan kita dapatkan pada saat pemanenan. Dibutuhkan ketelitian dalam pemilihannya agar kriteria bibit lele yang unggul dan berkualitas bisa kita dapatkan. Kesehatan lele pun menjadi hal pertama yang harus Anda perhatikan. Ciri fisik dari lele yang sehat terlihat dari pergerakannya yang aktif. Lele tersebut juga memiliki nafsu makan yang bagus. Pilih lele yang tidak bergerombol dan tidak menggantung di bagian tepi kolam. Lele sehat juga memiliki kumis dan ekor yang  normal dengan bentuk tubuh, mulai dari kepala hingga ekornya tampak proporsional. Kulitnya pun tampak mengkilat dan cerah.
Selanjutnya, cara memilih bibit lele yang unggul dan berkualitas dapat dilihat dari keseragaman benih atau bibit lele tersebut. Pilih yang ukurannya seragam agar pertumbuhannya pun dapat terjadi dengan serempak. Ketidakseragaman berakibat pada pemangsaan lele ukuran kecil oleh ukuran besar mengingat lele bersigat kanibal ketika mereka lapar. Sama seperti manusia dalam menentukan kualitas selalu melihat bibit, bebet, dan bobot atau riwayat keluarganya. Maka, dalam  cara memilih bibit lele hal ini pun diperlukan. Lele yang unggul dan berkualitas berasal dari induk yang juga unggul dan berkualitas. Jadi, bukan dari perkawinan inbreeding atau pemijahan dengan kerabat dekat. Demikian juga dengan riwayat penyakitnya, harus Anda pastikan bahwa lele tersebut tidak pernah sakit. Jika pernah, maka harus Anda tanyakan penyebab serta penanganannya. Biasanya penanganan menggunakan probiotik, vitamin, dan antibiotik. Namun, penggunaan antibiotik jika dosisnya berlebihan bisa membuat bakteri atau penyakitnya jadi kebal. Oleh karena itu sangat tidak disarankan penggunaannya.
Terakhir, tempat pembelian pun berpengaruh pada unggul dan berkualitasnya lele tersebut. Untuk mendapatkan bibit lele yang unggul dan berkualitas, Anda bisa mendapatkannya di balai benih dan di tempat pembudidayaan lele bersertifikat CPIB, Cara Pembenihan Ikan yang Baik. Tempat-tempat ini mampu menjamin lele yang dijualnya unggul dan berkualitas karena selain indukan yang dapat dipastikan, cara pembibitannya pun sudah sesuai dengan cara yang sesuai dengan standar. Informasi mengenai balai benih dan tempat pembudidayaan ini pun lebih mudah ditemukan di setiap daerahnya. Setelah mendapatkan bibit unggul, maka proses selanjutnya adalah penebaran hingga perawatannya. Perawatan lele terutama dalam masalah pakannya sangat berpengaruh pada kelangsungan hidup dari lele bibit unggul tersebut. Karena, jika bibitnya unggul namun pakannya tidak terpenuhi, mustahil lele bisa tumbuh dengan sehat dan saat dipanen bisa sesuai bobotnya dengan yang Anda harapkan. Oleh karena itu, dalam memenuhi kebutuhan pakannya jangan lupa beri vitamin agar lele sehat dan memiliki bobot besar, sehingga bisa dipanen lebih cepat. Viterna Plus dan Ton merupakan vitamin organik ikan yang sangat direkomendasikan sebagai bagian dari pakan yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dan mempercepat waktu pemanenannya. Produk NASA ini bisa Anda pesan langsung melalui telepon ke 087-888-846-582 dan BBM dengan PIN 584BE454. Cara memilih bibit lele dan perawatan merupakan bagian dari cara meningkatkan hasil panen lele.

Baca Juga artkel Selanjutnya :

-  Kiat Dan Cara Ternak Lele Organik Yang Ramah lingkungan

-  Membudidayakan Lele Organik ,Lebih Hemat dan Ramah Lingkungan